Presiden RI Kembali Lepas Bantuan Kemanusiaan BAZNAS ke Palestina

  • Post category:Bewara

Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk masyarakat Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

Bantuan ini merupakan gabungan dari bantuan pemerintah, masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui BAZNAS dan lembaga lainnya serta dari PT Paragon Technology and Innovation.

Pesawat tersebut akan menuju El Arish, Mesir, yang menjadi wilayah terdekat dengan Gaza.

Presiden Jokowi hadir di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur untuk melepas bantuan tersebut sekitar pukul 08.30 WIB. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan, bantuan yang dikirim merupakan bantuan tahap kedua, seberat 21 ton.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kita kembali akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke saudara-saudara kita di Palestina sebanyak dua pesawat yang akan diangkut sebesar 21 ton,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi merinci, bantuan yang akan dikirim berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, dan barang-barang lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza.

“Bantuan ini berasal dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, masyarakat, di antaranya PT Paragon Technology and Innovation, BAZNAS, Indonesian Humanitarian Alliance dan lembaga-lembaga lainnya,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, sama seperti bantuan tahap pertama, bantuan tahap kedua akan diangkut menggunakan pesawat. Nantinya, pesawat akan menuju ke El Arish di Mesir, selanjutnya akan disalurkan ke Gaza.

Presiden Jokowi menegaskan, selain bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina, apalagi Indonesia merupakan salah satu utusan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

“Sebagai salah satu utusan OKI, Menlu RI juga sedang ke beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata, dan bantuan bisa segera masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara di Palestina. Sekali lagi saya tegaskan Indonesia mendukung perjuangan bangsa Palestina,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI, KH. Noor Achmad menyampaikan rasa syukur tak terhingga atas pengiriman bantuan kemanusiaan tahap kedua ke Palestina dengan menggunakan pesawat. Katanya, bantuan tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh rakyat Palestina.

“Alhamdulillah, kita akan kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina. Bantuan ini sangat penting dan berarti bagi rakyat Palestina yang menderita akibat serangan Israel. Semoga bantuan tahap kedua yang akan dikirim bisa membantu meringankan beban Palestina,” kata Kiai Noor.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy; dan Ketua BAZNAS RI, KH. Noor Achmad. Hadir pula, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun.

BAZNAS bekerja sama dengan sejumlah mitra, Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan perusahaan dalam menggalang bantuan untuk Palestina.